Makan Murah Meriah di Changi Airport

Makan Murah di Changi Airport Singapore.

Ketika sampai di Bandara Changi Airport kita yang pribumi seringkali bingung dengan menu yang di tawarkan di restoran di Changi Airport belum lagi harganya bisa bikin kantong tipis. Karena perbedaan mata Uang harga makanan yang bisa kita makan bisa jadi selangit. Nah buat kalian yang ingin makan murah, enak, dan kenyang sebaiknya tidak makan di restoran tersebut. Tapi coba ke "Canteen Staff" atau restoran (tadinya) khusus karyawan dan staff pekerja Bandara.
Tempat ini pada dasarnya adalah tempat makan para Staff, petugas, dan pekerja Bandara. Namun tempat ini terbuka untuk umum.
Canteen Staff ini ada di Terminal 2 dan Terminal 1 di Changi Airport. Dan agak tersembunyi. Kenapa dibilang tersembunyi?, karena buat kita yang tujuannya ke bandara buat take off dan landing pastinya agak malas nyari tempat ini.
Untuk di Terminal 1 tempatnya ada di basement. Yang perlu kalian cari adalah Lift yang menuju basement. Lokasinya persis di belakang Counter Check in Air Asia. Atau pas masuk ke Terminal 1 posisinya ada di sebelah kanan. Disitu juga sudah ada plang yang tulisannya Canteen Staff. Jadi tinggal ikutin.
Saat saya datang kesini tempat ini lagi rame dan hampir penuh dengan orang yang makan. Dari Pilot ganteng , Pramugari aduhai, staf Airlines kece, karyawan bandara, bahkan turis kayak saya.
Menu yang dijual sangat beragam. Masakan India, Korea, Chinese, Western dan menu rumahan Indonesia juga ada. Harga yang ditawarkan murah. dari 0,50-7 dolar Singapura. 
Karena udah ngiler sama Kuah Tom Yam, saya memilih untuk mampir di kios paling kiri yang jual ala ala Yong Tau Fu. Jadi ada 3 pilihan kuah. Mau Tom Yam, Kaldu Ayam, sama Kari. Trus bisa pilih pake nasi, laksa, bihun, atau mie. Pilihan buat isiannya sepaket 7 item. Jadi kita bisa bebas memilih bakso ikan, sosis, tahu rebus, tahu goreng, terong isi, jamur,dll.  Harga seporsi Yong Tau Fu ini 5,5 $. Lumayan kenyang buat nungguin Flight balik ke Jakarta.
Satu lagi yang bikin saya suka selain makanannya yang murah. Tempatnya bersih banget (wajib pake banget maklum perbandingannya sama kantin staf di Indonesia)

Nah yang di Terminal 2, dibandingkan Canteen Staff terminal 1, aku lebih suka di Terminal 2. Karena tempatnya ngak semudah Terminal 1. Waktu nemu lokasinya sebenarnya ngak sengaja. Karena pas nyari nyari tiba tiba nengok ke atas ada plang yang tulisannya Canteen Staff. Carilah lift yang dekat dengan tangga darurat atau exit door. Naik Lift ke lantai "3M". Dari 3 M kita keluar dan naik tangga darurat satu lantai. 
Kalo bingung dengan tulisan saya, cari dan ikuti plang Canteen Staff. Karena ada petunjuk yang sangat jelas. Jadi jangan takut nyasar di bandara Changi. Jadi buat kalian yang baca, dan akan mencari tempat ini yaaa nikmati aja proses pencarian Canteen Staff. Di Canteen Staff ini menunya beragam. Sama kayak di Canteen Staff Terminal 1. Saya aja sampai bingung mau makan apa. Karena ada menu Indian, korean, chinesse, western, sampe Penyetan Indonesia juga ada. Soal harga kisaran 0,70 - 2,5 dolar singapore untuk Snack kayak Bakpao, siomay , dimsum. Dan untuk makanan dari 4 - 8 dolar. Jangan shock liat 8 dolar. Karena setelah survey harga semua tempat makan di Canteen Staff, harga makanan termahal itu adalah Soup Buntut dan Iga Bakar di Resto Penyet Indonesia. Jadi buat kalian yang doyan makan Soup Buntut atau Iga Bakar di Indonesia, makan aja yang banyak dari Indonesia😁. Karena disini harganya sekelas Resto di hotel bintang. Hehehe. Makanan yang aku cobain di Canteen Staff Terminal 2 adalah paketan 7 item berupa sayur pokcoy, sawi,siomay, tahu-bakso ,sosis, tahu isi ikan, dan kuah atau soup ayam. Dengan harga 5 dolar. Porsinya jangan ditanya jadi sebanyak apa. Banyak. Buat aku yang adalah tipikal pemakan banyak ala kuli , porsi ini pas. Nah buat kalian tipe pemakan porsi sedikit (tapi sering) porsi ini mungkin kebanyakan. Hehehee.


Soal makanan ada satu lagi yang jadi favorit aku disini. Egg Tart- nya yang seharga 1,20 Dolar. Rasanya enak banget. Percaya kan kalo aku makan tiga setelah makan seporsi paketan Yong Tau Fu 😁. Asli enak banget. Aku juga beli bakpao yang isinya redbean alias kacang merah dengan harga 0,90. Enak juga. Bahkan ada paketan toast, kopi atau teh , 2 boil egg alias telur seharga 2,5 dolar. Sluuuuurrrp. Nah informasi aja buat kalian, Singapura ini hampir sama kayak Hongkong. Makan pagi andalannya adalah Toast alias Roti bakar pake toping apa aja (bisa kacang, coklat, srikaya, selai) dan porridge alias bubur. Dimana-mana Toast pasti ada.

Nah di Canteen Staff untuk toastnya aku ngak terlalu suka. Karena rasa selai srikayanya ngak masuk di lidahku. Maklum rasa Srikaya Indonesia enaknya kan kebangetan.
Oh iya disini aku juga nyobain Fish Soup. Rasa kuahnya enak dan ikannya fresh. Harganya 5,5 dolar juga.
Untuk soal kebersihan dan kenyaman Canteen Staff ini sangat bersih dan nyaman. Bahkan kata adikku ini kayak Food Court di mall bergengsi di Jakarta. Cuman beda di kursi doang. Disana kursinya kayu dan disini kursinya plastik Fiber. Hehehehe.
Jadi buat kalian yang akan berangkat atau landing di Changi, dan mau cari makanan murah saya merekomendasikan tempat ini. Harganya murah, rasanya enak, tempatnya bersih, nyaman, menunya beragam. Jangan ragu untuk nyasar. Eh maksudnya nyari.
Selamat makan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekali Lagi, Film jadi sarana promosi daerah sebagai tujuan Wisata

Elevate Bitung City's Gastronomy as Nominator of UNESCO Creative Cities Network to the World Level.

FPSL 4-10 Oktober 2023??