Tips & Trik Merencanakan Perjalanan ke Luar Negeri
Halo Readers..,
Mungkin saat ini sedang menyusun Rencana untuk Liburan, Travelling, atau Jalan-jalan ke luar negeri. Nah saya punya beberapa Tips & Trik dalam merencanakan perjalanan ke Luar Negeri. Dan ini saya susun berdasarkan pengalaman Pribadi saya.
1. Tetapkan Lama Liburan atau kira kira berapa lama kita punya waktu liburan ke suatu Negara. Contoh : Karena saya pegawai kantoran biasa yang dapat cuti Tahunan 12 hari, dan kebetulan masih punya jatah cuti seminggu yang akan saya habiskan di bulan Oktober nanti (sekitar sabtu tgl 14 oktober hingga Minggu 22 Oktober 2017), saya memilih tanggal keberangkatan di hari Minggu tgl 15 Oktober 2017. Dan harus balik ke Indonesia sekitar hari Jumat 20 Oktober 2017 atau Sabtu tgl 21 Oktober 2017.
Kenapa?, Agar di hari jumat selepas Jam Kantor saya bisa prepare untuk berangkat. Namun saya terbiasa mempersiapkan barang bawaan 2-3 hari sebelum keberangkatan, itupun curi curi waktu setelah pulang kantor.
Kemudian kenapa saya harus balik sebelum hari minggu 22 Oktober 2017?. Agar saya bisa mendapatkan waktu sehari untuk beristirahat (tgl 21-22 Okt 2017). Namun jika readers melaksanakan liburan untuk beristirahat, ya bisa saja pulang di hari minggu sore.
Ini hanya contoh ya readers..
2.Cari tahu sebanyak mungkin Informasi Tempat Wisata yang akan dikunjungi di suatu negara tersebut. Di Zaman serba Internet tentunya sangat mudah mencari informasi mengenai tempat wisata yang akang dikunjungi. Namun yang perlu kita cari tahu adalah Informasi yang benar benar mendetail sehingga kita memiliki gambaran mengenai situasi, kondisi, durasi saat kita berada disana. Saya terbiasa mencari informasi secara umum terlebih dahulu di suatu negara. Kemudian ke informasi yang lebih spesifik.
Contoh jika saya ingin ke Paris. Saya akan mencari informasi Tentang kota Paris, tentunya Eiffel ada dalam list. Yang saya perlu tahu adalah jam berkunjung terbaik utnuk melihat menara Eiffel. Apakah saat pagi, siang atau malam hari. Berapa biaya dan jarak tempuh ke Menara Eiffel dari tempat saya menginap. Kemudian dari daftar tempat wisata yang ada saya memilih Museum Louvre sebagai tempat yang ingin saya kunjungi. Saya harus mencari tahu jam buka museum tersebut, kendaraan yang bisa dipakai menuju kesana, kemudian biaya masuk, apa saja yang dilarang di dalam museum, kemudian seberapa jauh dari menara Eiffel. Karena jika memungkinkan untuk mengunjungi Eiffel dan Louvre salam satu hari bahkan bisa sekaligus ke tempat yang lain.
Untuk mencari tahu informasi tentang suatu negara yang akan saya kunjungi, saya juga sering mengunjungi Website Kantor Kedutaan besarnya. Bahkan live chat. Atau kalau bingung ya datang lansgung ke kantor kedutaannya. Karena pasti ornag kedutaan punya informasi yang sangat membantu.
3. Jika budget pas-pasan segeralah berburu tiket Pesawat.
Carilah melalui berbagai situs yang ada. Jangan langsung membeli jika Waktu liburan kita masih lebih dari 3 bulan kedepan. Bandingkanlah harga harga yang ditawarkan oleh setiap situs. Kemudian cek dengan benar apakah sudah termasuk Pajak, ataukah masih ada biaya lain- lain.
Kemudian cocokkan waktu berangkat.
Kebetulan saya percaya pembelian tiket pesawat pada satu Situs ternama di Indonesia. Dan termasuk member yang bisa mengaktifkan fitur notifikasi jika harganya turun pada tanggal yang saya kehendaki untuk bernagkat.
Jika sudah cocok langsung booking.
4. Buatlah itinerary sederhana.
Contoh yang sederhana :
Hari pertama 14 Okotber 2017 : Jakarta - Sngapore , check in hotel Singapore , Merlion Park, Asian Civilisation Museum. Hotel
Kemudian dikembangkan menjadi Itinerary yang lengkap dengan jam dan durasi berapa lama.
ini membantu kita untuk mengetahui secara pasti waktu yang kita butuhkan untuk berkunjung.
5. Pilih Hotel yang PAS.
Pas dalam artian sesuai dnegan budget, sesuai dengan lokasi atau tempat yang akan kita kunjungi , sesuai dengan kenyamanan, dan keamanan yang kita butuhkan.
Soal budget mungkin relatif , tapi pilihlah jauh jauh hari, bandingkanlah dengan situs situs travel yang ada. Jika ada website khusud dari hotel itu juga bis adibandingkan langsung. Namun biasanya harga yang ditawarkan oleh website hotel lebih mahal dari beberapa situs Travel yang menjual kamar Hotel tersebut. So cek harganya, bandingkan dengan situs lain, lalu pilih.
Untuk lokasi, cek lah seberapa jauh lokasi hotel dengan tempat yang akan kita kunjungi. Contoh jika dari luar negeri mau berkunjung ke Indonesia ,ke Jakarta tepatnya. Tentunya Bogor bukan pilihan yang tepat untuk menginap (kejauhan booo..). Untuk soal kenyamanan tentunya setiap orang berbeda beda, ada yang nyaman tinggal di hostel yang mix alias campur untuk pria maupun wanita. Tapi ada juga yang memilih khusus Wanita. Jika say aberkunjung ke suatu tempat dan harus nginap beberapa hari, biasanya saya akan mengambil hostel dengan kamar khusus wanita. Namun bila saya sendirian di tempat yang super duper baru banget dnegna bahasa yang "tarzan" banget alias ornag orang nya ngak bisa berbahasa inggris saya akan memilih tinggal di Hostel dengan kamar mix or campur. Kenapa supaya banyak temen, setidaknya ada yang bantu buat nemenin ngobrol. Dan bantu nagkat barang (hehehe).
Oh iya. Saya adalah tipikal orang "Save the best for the last". Maksudnya saat berkunung ke suatu negara biasanya hari pertama sampai dua hari sebelum balik ke Indonesia saya akan menginap di hostel atu setara. Nah di malam terakhir saya biasanya memilih tinggal di hotel yang lumayan bagus. (Berbintang-lah). Lumayan buat masa pemulihan sebelum pulang, dan sekaligus menikmati suasana hotel di daerah yang baru.
6. Cek Cuaca saat tanggal kita berlibur.
Amat penting untuk mengetahuo keadaan cuaca saat kita berkunjung ke suatu negara. Karena mempengaruhi batang bawaan kita. Terutama baju. Ngak mungkin kan kita pakai Kaos tipis di cuaca dingin bersalju.
Nah Readers itu Tips & Trik merencanakan perjalanan ke luar negeri.
Saya masih awam dalam dunia Jalan - Jalan, jadi yang saya tulis sesuai pengalaman saya. Jika ada yang mau menambahkan, silahkan.
Komentar
Posting Komentar